Kamis, 09 November 2017

Mengaktifkan Web Proxy(lab41)

Pada kali ini kita akan membahas tentang web proxy, sebelumnya kita membahas dulu apa itu proxy. proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk menjadi perantara antara client dengan server-server yang terhubung ke internet sehingga client tidak terhubung langsung dengan proxy server ingin mengakses internet. cara kerja proxy sangatlah sederhana yaitu apabila client yang terhubung dengan proxy server ingin mengakses internet, maka client akan meminta request ke proxy server dan proxy serverlah yang akan meminta request ke server di internet, dan server di internet memberikan respon proxy lalu proxy akan meneruskan ke client, jadi seolah olah hanya proxy tersebut yang mengakses internet padahal proxy server hanya sebagai perantara antara client dan server internet.

proxy juga bisa meningkatkan keamanan pada komputer client saat mengakses internet karena proxy dapat menyembunyikan client dari server internet dan menyembunyikan IP si client, sehingga membuat pengguna layanan proxy bisa lebih terjaga privasi dan keamananya. proxy server juga bisa digunakan untuk baypass website yang di blokir oleh ISP atau oleh pemerintah, dapat juga digunakan untuk blokir sebuah website. banyak juga hacker atau cracker yang memanfaatkan proxy dalam melancarkan aksi hacking mereka, karena memakai layanan proxy membuat mereka lebih sulit dilacak oleh polisi atau aparat keamanan lainnya


    ^__^    ^__^          ^__^  ^__^              Nah kali ini saya akan menunjukan cara untuk mengaktifkan                                                                  web proxy di mikrotik.


1. buka winbox

2.lalu kalian menuju ke IP>web proxy dan akan muncul tampilan seperti ini


3. pada web proxy setting ,klik enable port=8080 (port proxy), cache administrator=isikan email atau no telepon anda (admin penanggung jawab) cache on disk kalian centang  atau tidak terserah apabila di centang cache akan tersimpan di hardisk dan apabila cache tidak di centang akan tersimpan sementara di ram, apabila kita centang max. cache size isilah sesuai dengan kemampuan router kalian.dan web proxy pada mikrotik telah aktif

4. apabila web proxy pada mikrotik telah aktif, maka kita tinggal aktifkan web proxy pada komputer client network and sharing center>internet options>LAN setting>centang pada use a proxy server, lalu pada address isikan IP router pada ether2 dan portnya 8080 (port default proxy)
                         lalu cobalah mengakses sebuah web dan lihat pada web proxy connection
                                                  cukup sekian tutorial kali ini terima kasih ^__&


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OSPF SINGLE AREA Manipulation